Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Gaji CPNS Tahun 2021

2021

Gaji pokok PNS tahun 2021 belum berubah dibandingkan tahun sebelumnya. Kenaikan gaji pokok terakhir terjadi pada tahun 2019 dengan diterbitkannya PP No 15 Tahun 2019.

Gaji Pokok PNS 2021

= Golongan I =
Gaji Pokok PNS Golongan 1

= Golongan II=
Gaji Pokok PNS Golongan 2

= Golongan III=
Gaji Pokok PNS Golongan 3

= Golongan IV=
Gaji Pokok PNS Golongan 4

Simulasi Gaji CPNS 2021

Komponen gaji CPNS terdiri atas

A. Penghasilan
  1. Gaji Pokok
  2. Tunjangan Keluarga
  3. Tunjangan Umum
  4. Tunjangan Jabatan
  5. Tunjangan Khusus
  6. Pembulatan
  7. Tunjangan Pajak PPh
B. Potongan
  1. Iuran Wajib Pegawai (IWP)
  2. Pajak PPh
  3. Taperum
C. Tunjangan Kinerja/TPP dan Uang makan

Gaji CPNS lulusan SMA
  • Pendidikan:  SMA
  • Golongan: IIa
  • Penempatan: Kemenkumham
  • Status CPNS: belum menikah (TK) dan Menikah dengan 1 anak (M1)
  • Kelas jabatan: 5


Gaji CPNS Lulusan S1
  • Pendidikan:  S1
  • Golongan: IIIa
  • Penempatan: Kemenkumham
  • Status CPNS: belum menikah (TK) dan Menikah dengan 2 anak (M2)
  • Kelas jabatan: 6/7

Keterangan:
  • Gaji pokok yang diterima 80%
  • Penghasilan netto (A-B) sama untuk semua PNS baik pusat maupun daerah
  • Uang makan untuk PNS pusat sama,  bagi PNSD tergantung kebijakan daerah
  • Tunjangan kinerja dan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) berbeda untuk tiap instansi
Perlu diketahui penempatan atau instansi sangat berpengaruh terhadap take home pay yang diterima. Terutama pada penerimaan uang makan dan tunjangan kinerja (K/L) atau Tambahan penghasilan PNS (TPP) bagi instansi daerah.

Hali ini sangat tergantung dengan tunjangan kinerja atau TPP yang diberikan oleh instansi tersebut. Bisa saja PNSD take home pay yang diterima setiap bulan lebih besar dari K/L, begitu pula sebaliknya.

Dari ilustrasi di atas Penghasilan (A) dan Potongan (B) besaran dan perhitungannya sudah standar artinya hal tersebut berlaku untuk semua CPNS.  

Bagi PNS K/L uang makan sudah baku besarannya (diatur dalam PMK), sedangkan tunjangan kinerja bisa berbeda besaran tergantung kemajuan reformasi birokrasi di K/L tersebut. Besaran tunjangan kinerja di tuangkan dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres).

Namun bagi PNSD uang makan dan TPP tergantung kebijakan daerah masing-masing dengan memperhitungkan kemampuan keuangan daerah atau PAD setempat.

2018

Penerimaan CPNS tahun 2018 mulai dibuka, perjuangan untuk menjadi CPNS sudah dimulai. Sebagai CPNS tentunya berhak atas hak keuangan berupa gaji atau tunjangan lainnya. Namun CPNS baru bisa menerima gaji jika sudah ada SPMT (Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas) yang dibuat oleh pejabat yang berwenang sebagai bukti bahwa yang bersangkutan telah secara nyata melaksanakan tugasnya. Bukan tanggal SK CPNS yang dijadikan patokan penerimaan gaji melainkan SPMT tadi.

Gaji Pokok

Sesuai bunyi pasal 5 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1977 kepada seorang yang diangkat menjadi calon Pegawai Negeri Sipil, diberikan gaji pokok sebesar 80 % (delapan puluh persen) dari gaji pokok.

Daftar Gaji Pokok PNS
(CPNS mendapatkan 80%)


Tunjangan

Selain gaji pokok di atas CPNS memperoleh hak tunjangan istri/suami dengan syarat adanya pernikahan yang sah di hadapan hukum. Besarannya mencapai 10% dari gaji pokok yang diterima. Tunjangan lain yang diterima CPNS ada tunjangan umum dan tunjangan beras. Tunjangan umum diberikan kepada CPNS maupun PNS yang tidak menduduki jabatan fungsional atau jabatan struktural.

Uang Makan

Hak lain yang diterima seorang CPNS adalah uang makan yang diberikan sesuai golongannya. Uang makan dibayarkan berdasarkan hari kerja masuk selama 1 bulan. Tarifnya golongan III Rp 37.000 per hari dan golongan I dan II Rp 35.000/hari. Pembayaran uang makan diakumulasi selama sebulan dan dibayarkan pada bulan berikutnya dengan dikenakan PPh sesuai ketentuan.

Tunjangan Kinerja

Perlu diketahui setiap pegawai termasuk CPNS di lingkungan Kementerian/Lembaga berhak atas tunjangan kinerja berdasarkan kinerjanya. Besaran tunjangan setiap K/L berbeda-beda sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Presiden yang mengatur mengenai tunjangan kinerja Pegawai pada masing-masing kementerian negara/lembaga.

Sedangkan persentase tunjangan kinerja yang diterimakan kepada CPNS tergantung dengan kebijakan K/L tersebut. Bisa saja tunjangan kinerja yang dibayarkan sudah penuh 100% seperti Kemenkeu dan Kemenkes, namun K/L lain tunjangan kinerja untuk CPNS rata-rata diberikan 80%.

Total Gaji CPNS

Perkiraan gaji CPNS per bulan

Keterangan :

* Tunjangan kinerja CPNS untuk grade (kelas jabatan) dan besarannya berbeda tiap K/L. Angka di atas memakai contoh Tunjangan Kinerja Kemenkumham. Tentang besaran tunjangan kinerja tiap K/L dapat dilihat di setagu.net

1 komentar untuk "Berapa Gaji CPNS Tahun 2021"

  1. Apakah satu daerah mungkin saja cpns nya tidak mendapatkan uang makan?

    BalasHapus